Sungai Telaga Waja VS Sungai Ayung yang Menantang

Sungai Telaga Waja VS Sungai Ayung yang Menantang

Perlu diketahui, Bali tidak hanya mempunyai pantai sebagai destinasi wisata. Masih banyak tempat indah yang bisa menjadi rekomendasi tempat menghabiskan waktu saat liburan. Di Bali terdapat dua sungai yang bisa dipakai untuk melakukan rafting. Rafting merupakan salah satu olahraga air yang memacu andrenalin. Ada dua sungai yang dipakai untuk rafting yaitu Sungai Telaga Waja VS Sungai Ayung.

Kelebihan Rafting di Sungai Telaga Waja dan Ayung

Sungai Telaga Waja VS Sungai Ayung terletak di tempat yang bebeda. Sungai Telaga Waja terletak di daerah Karangasem sedangkan Ayung terletak di Ubud Bali. Kedua sungai tersebut sangat aman untuk dipakai rafting. Bahkan Sungai Telaga Waja sudah dijuluki sebagai Telaga Waja Rafting. Keamanannya pun sudah berstandar internasional. Wisatawan baik domestik maupun luar negeri memilih kedua sungai tersebut untuk rafting karena mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sungai lainnya. Adapun kelebihan dari Sungai Telaga Waja dan Ayung adalah sebagai berikut.

  1. Rute Panjang

Sungai Telaga Waja mempunyai rute sepanjang 16 Km. dan merupakan rute terpanjang sedangkan Sungai Ayung kurang dari 16 Km. yaitu sekitar 10 Km saja. Tetapi untuk menyelesaikan rute tersebut Anda harus berada di air kurang lebih selama 2 jam. Dengan demikian, rafter bisa puas dan tidak rugi sudah membayar hanya untuk bertualang dalam waktu yang singkat. Jadi tidak heran para pecinta rafting menyukai dan memilih kedua sungai itu. Apalagi bagi pemula, jeram yang disuguhkan sangat cocok dan tidak terlalu menantang.

  1. Akses Yang Mudah

Wisata Bali rafting di Sungai Waja dan Ayung menjadi primadona karena akses yang mudah. Perlu diketahui kalau Sungai Ayung terletak di Ubud dan lokasinya tidak jauh dari pusat wisata. Jadi kalau Anda ingin mencari penginapan pasti sangat mudah. Sedangkan Sungai Telaga Waja di Bali bagian timur tepatnya di Karangasem. Kedua wilayah tersebut sangat mudah untuk ditemukan. Kendaraan juga mudah didapat. Kalau bingung soal kendaraan, bisa menyewa kendaraan di rental motor Bali https://www.rentalmotorbali.net yang banyak disediakan di Karangasem ataupun Ubud. Tidak salah memang kalau Sungai Telaga Waja VS Sungai Ayung menjadi pilihan selain pantai.

  1. Cocok untuk Rekreasi

Kedua sungai tersebut sangat cocok sebagai tempat rekreasi karena memiliki sedikit tantangan. Banyak orang yang takut melakukan rafting karena dinilai berbahaya karena terdapat beberapa titik yang bisa membahayakan bagi rafter pemula. Tetapi hal itu tidak berlaku di Sungai Telaga Waja dan Ayung. Kedua sungai tersebut masuk ke dalam kelas II-IV yang merupakan kelas yang pas bagi pemula.

  1. Sungai Bersih Bebas Dari Polusi

Sungai Telaga Waja VS Sungai Ayung mempunyai sungai yang bersih dan bisa dikatakan bebas dari polusi. Kedua sungai tersebut bersih karena letaknya di alam yang jauh dari industri. Bukan rahasia lagi kalau beberapa sungai yang dipakai untuk rafting kotor dan banyak sampah tetapi itu tidak berlaku. Bahkan Anda bisa menikmati tumbuhan hijau selama melakukan rafting.

Hapus pemikiran kalau datang ke Bali harus berkunjung ke pantai atau ke Pura. Rafting di sungai bisa menjadi pilihan alternatif lain. Sungai Telaga Waja VS Sungai Ayung yang menjadi sungai untuk rafting mempunyai kelebihannya masing-masing. Semua sungai yang aman untuk rafting. Tinggal Anda memilih sungai mana yang ingin dipilih. Kalau ingin rute yang lebih panjang maka bisa memilih Sungai Telaga Waja.