Sungai Terbaik Aktivitas Rafting untuk Anak Anak di Bali

Sungai Terbaik Aktivitas Rafting untuk Anak Anak di Bali

Berlibur ke Bali bersama dengan keluarga memang menjadi agenda yang menyenangkan. Anak pastinya juga akan ikut dan ingin mencoba hal baru di tempat wisata yang dikunjungi contohnya rafting atau arung jeram. Sebagai orang tua, kadang kita mengkhawatirkan keamanan anak selama beraktivitas. Namun karena keingintahuan yang besar, anak memaksa untuk mencoba rafting. Orang tua tidak perlu khawatir. Ada banyak sungai terbaik aktivitas rafting untuk anak anak di Bali yang bisa dicoba dan terjamin keamanannya.

Daftar Lokasi Sungai Terbaik Aktivitas Rafting untuk Anak Anak di Bali

Menghabiskan momen liburan dengan anak akan menjadi momen yang menyenangkan. Di Bali ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi salah satunya sungai untuk rafting. Orang tua perlu mencari informasi mengenai sungai-sungai di Bali untuk rafting dan yang sesuai untuk anak kecil. Di Bali, terdapat beberapa sungai yang dapat digunakan rafting bersama anak tercinta. Berikut merupakan daftar sungai terbaik aktivitas rafting untuk anak anak di Bali.

  1. Sungai Telaga Waja

Aktivitas arung jeram memiliki beberapa tingkat kesulitan. Sungai Telaga Waja memiliki kesulitan di grade II-IV, yaitu mulai dari sungai yang sudah beriak tetapi belum banyak batu besar sampai arus sungai menjadi kencang dan ada bentukan sungai hidrolik. Saat rafting akan ada beberapa posisi di sungai yang memiliki tingkat kesulitan di grade IV. Untuk menjaga keamanan anak saat rafting, maka usia anak minimal yang diizinkan oleh operator untuk rafting di Sungai Telaga Waja adalah 9 tahun dan harus didampingi oleh orang tua. Dengan jaminan keamanan yang diberikan oleh operator, Sungai  Telaga Waja menjadi sungai terbaik aktivitas rafting untuk anak anak di Bali.

Trek rafting Sungai Telaga Waja termasuk paling panjang. Dari titik awal sampai finish, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 16 km. Rafting di Sungai Telaga Waja membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam. Lebar Sungai Telaga Waja sekitar 5 m sehingga tidak terlalu kecil untuk digunakan kegiatan rafting. Pengunjung tidak perlu berjalan jauh dari lobby menuju sungai. Anak tangga yang ada tidaklah banyak sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan tenaga.

Sungai Telaga Waja termasuk salah satu sungai terbaik untuk rafting di Bali khususnya untuk anak. Selama rafting, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang menarik dan memanjakan mata. Di sekeliling sungai akan terlihat area-area yang tidak terjamah oleh manusia sehingga keasriannya begitu terjaga. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan hijau dari terasiring sawah yang khas ada di Bali. Tebing tinggi, lembah yang penuh dengan pohon-pohon, dan air terjun kecil juga akan ditemui saat melakukan aktvitas rafting di sungai terbaik rafting untuk anak anak di Bali.

Arus Sungai Telaga Waja yang cukup deras ini merupakan aliran air dari sumber mata air pegunungan kaki Gunung Agung. Karena aliran sungai langsung dari sumber mata air, alirannya selalu jernih dan tidak ada limbah sama sekali. Jika berminat untuk menikmati derasnya arus Sungai Telaga Waja, pengunjung bisa pergi ke Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali Timur.

  1. Sungai Ayung

Sungai Ayung merupakan salah satu sungai di Bali dan termasuk dalam kategori sungai terpanjang di Bali. Sungai Ayung menjadi salah satu destinasi favorit untuk melakukan aktivitas rafting. Selain itu, sungai ini juga termasuk sungai terbaik aktivitas rafting untuk anak anak di Bali karena arusnya yang sangat aman bagi anak-anak. Tingkat kesulitan Sungai Ayung berada di bawah Sungai Telaga Waja, yaitu di grade II-III. Karena tingkatannya yang lebih rendah, operator mengizinkan anak dengan usia 5 tahun ke atas untuk ikut melakukan rafting.

Untuk menikmati keseruan rafting di Sungai Ayung, pengunjung cukup meluangkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Rute Sungai Ayung cukup pendek yaitu 12 km sehingga membuat waktu tempuhnya lebih singkat. Lebar Sungai Ayung cukup untuk digunakan kegiatan rafting, yaitu sekitar 5 m. Dengan lebar sungai sebesar ini, pengunjung yang melakukan rafting tidak perlu khawatir akan melewatkan banyak keseruan saat rafting.

Pemandangan indah selama rafting akan terlihat ketika mulai menjelajahi sungai terbaik aktivitas rafting untuk anak anak di Bali. Di sebelah kanan dan kiri akan terlihat beragam pemandangan alam yang tidak bisa ditemui di tengah kota. Kesejukan air terjun kecil akan terasa ketika berada di tengah sungai. Selain itu, pengunjung juga akan menikmati pemandangan sawah dengan terasiring yang indah. Dinding sungai yang penuh dengan ukiran relief Ramayana juga akan membuat pengunjung terkagum-kagum meskipun diterjang oleh derasnya arus Sungai Ayung.

Titik awal rafting sungai terbaik aktivitas rafting untuk anak anak di Bali ini berada di Banjar Beng, Desa Carang Sari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Pengunjung bisa mendatangi lokasi ini dengan mobil khususnya bagi yang datang bersama keluarga. Jika tidak membawa mobil, pengunjung bisa menyewa mobil di https://www.ayumassarirental.com yang tersedia banyak. Tidak susah untuk menemukan lokasinya karena ada plang bertuliskan “Start Point”.

Sekian informasi yang perlu diketahui tentang sungai terbaik aktivitas rafting untuk anak anak di Bali. Dengan adanya informasi ini, pengunjung bisa mengetahui dan menyesuaikan sungai yang cocok untuk anak. Selama beraktivitas rafting, jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang ada dan mengikuti instruksi dari guide. Meskipun keamanan anak saat rafting terjamin dengan adanya pelampung dan arus yang sesuai, tetap jagalah anak supaya tidak terjadi hal yang berbahaya.